BASIC QUANTITATIVE SEISMIC INTERPRETATION BATCH #3

25 Jun 2018 11:42 1133 Hits 0 Comments Approved by Brain Gain

Pada hari sabtu tanggal 2 Juli 2016, diadakan Workshop: Basic Quantitative Seismic Interpretation , berlokasikan di gedung Souvereign Plaza lantai 12 Cilandak, Jakarta Selatan dengan menghadirkan 2 pembicara yaitu : 

 

Pada hari sabtu tanggal 2 Juli 2016, diadakan Workshop: Basic Quantitative Seismic Interpretation , berlokasikan di gedung Souvereign Plaza lantai 12 Cilandak, Jakarta Selatan dengan menghadirkan 2 pembicara yaitu :

Oskar Pakpahan M.Sc., M.T. (Senior Geophysicist, Carigali-PTTEPI Operating Company) Zain Amiruddin S.Si. (Support Manager, Ikon Science Indonesia)

Workshop ini memperkenalkan teori-teori dasar interpretasi seismic secara kuantitatif serta aplikasinya menggunakan perangkat lunak standard industri bernama RokDoc. Kegiatan ini diikuti oleh sekian banyak variasi dari universitas maupun institusi yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Diponegoro, Universitas Pembangungan Nasional Jogjakarta, Universitas Syah Kuala dan STT Migas Balik Papan. Pada awalnya acara ini hanya dibatasi sebanyak 10 peserta, namun peserta sangat antusias mengikuti workshop ini hingga dihadiri oleh 23 peserta.

Acara ini berhasil diselenggarakan berkat hasil kolaborasi antara Himpunan Mahasiswa Geofisika Indonesia (HMGF UI) dengan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia Chapter Kuala Lumpur (HAGI KL) dan disponsori oleh Dewata, Geo-Connection, Indonesian Brain Gain Association dan Ikon Science.

Kegiatan diawali pada pukul 09.00 dengan sambutan pembukaan oleh Pak Dicky Rahmadi Aprilian sebagai tamu undangan ketua HAGI pusat.

Selanjutnya pada pukul 10.30 pemberian materi-materi dan penalaran-penalaran dasar oleh Pak Zain dan Pak Oskar mengenai dasar-dasar teori mengenai fisika batuan dan implikasinya kepada seismic data, fluid replacement and rock physics model yang dibahas lebih detail sehingga peserta memahami mengapa metode kuantitatif seismik dapat mengurangi ketidakpastian dalam eksplorasi hidrokarbon. Materi-materi tersebut diperlukan dalam menggunakan aplikasi RokDoc. Langkah-langkah penggunaan aplikasi tersebut diajarkan secara bertahap. Kegiatan dipotong oleh shalat Zuhur sebelum masuk ke sesi selanjutnya.

Kemudian masuklah sesi diskusi antar peserta dengan peserta lainnya untuk mengerjakan Mini Project dan pertanyaan-pertanyaan dari pembicara. Kegiatan tersebut berlangsung sampai pukul 17.00 dipotong oleh shalat Ashar.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan buka bersama antara seluruh peserta, panitia dan pembicara, pemberian penghargaan kepada pembicara serta foto bersama seluruh peserta dilakukan untuk mengapresiasi waktu-waktu bermanfaat yang sudah dijalani dalam acara workshop ini.

Tidak lupa terimakasih sekali lagi untuk sponsor: Ikon Science Ltd, Dewata Group, HAGI-KL Chapter dan Geo-Connection dan Indonesian Brain Gain Association, juga Paulus Warsono Broto, Rusdinadar Sigit, Trisakti Kurniawan

Tags

About The Author

Admin Indonesia Brain Gain 20
Pensil

Admin Indonesia Brain Gain

Admin Official Indonesia Brain Gain
Brain Gain adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login